Friday, 7 April 2017

GAME ONLINE DAN PENGARUHNYA PADA ANAK



GAME ONLINE DAN PENGARUHNYA PADA ANAK

            Revolusi informasi melalui media internet memang luar biasa pesatnya. Hidup kita semakin dipermudah dalam mengakses informasi. Disaat kita memerlukan informasi tentang topik tertentu atau topik apapun tanpa repot-repot langsung memperolehnya tanpa membuka buku atau pergi ke Perpustakaan.
            Jika kita ingin “bicara” dengan siapa saja di belahan bumi lain kita dapat menggunakan fasilitas Real-Time Chatting.
Kita juga bisa mengirim e-mail yang bisa sampai ke alamat yang dituju dalam beberapa detik saja.
            Demikian juga dengan dunia hiburan, kita dapat memilih beberapa fasilitas kemewahan untuk menghibur diri sesaat tanpa perlu beralih pandangan dari komputer.
            Dari sisi perkembangan tekhnologi informasi ini, banyak kalangan orang tua yang justru memberi waktu kepada anak-anaknya untuk menggunakan komputer, tak hanya untuk mengerjakan atau menyelesaikan tugas sekolah namun juga bermain Games dan hal ini dilakukan dengan maksud agar si anak terbiasa dengan tekhnologi canggih ini dan tidak tertinggal dengan teman-teman sebaya.
            Saat ini ada beberapa jenis game online yang disukai anak-anak karena memiliki keuntungan tersendiri diantaranya aneka hadiah dan kesenangan sesaat.

LEBIH DARI SEKEDAR PERMAINAN
            Ada beberapa jenis permainan yang diantaranya permainan Catur, Kartu Virtual, Puzzle atau Petualangan dan Pertempuran.
Yang paling digandrungi oleh orang tua dan anak-anak adalah Massive Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG) yaitu suatu permainan yang terhubung dengan sejumlah besar pemain lewat internet.
            Di Indonesia, permainan berjudul Ragnarok dan Counter Strike (CS) sudah biasa dalam obrolan-obrolan anak-anak setiap harinya. Selain itu ada Point Blank (PB), Rising Force (RF), dan Antartica menempati peringkat teratas.
            Para pemain cukup membayar tarif penggunaan internet saja yang setiap tahun rata-rata tarifnya relatif lebih murah, sekitar Rp. 2.500,- per jam nya tergantung kecepatan tautan server nya.
            Bila ingin meng-up grade karakter senjatanya bisa membayar dengan cara membeli Voucher atau PrePaid Card di warnet yang menyediakan fasilitas seperti disebutkan tadi.

PLUS MINUS GAME ONLINE
PLUS:
Efek Psikologis berupa rangsangan kreativitas dan hiburan dari permainan yang sedang dimainkan.
Untuk MMORPG ada tambahan olah kecerdasan dan interaksi sosial yang tinggi karena membutuhkan strategi dan tim kerja yang solid.

MINUS:
Adiksi (kecanduan), MMORPG selalu mendorong para pemain untuk terlibat secara terus menerus, apalagi bila tergabung dengan suatu tim sehingga waktu banyak tersita, gangguan konsentrasi dan boros biaya.

            Sisi lain bahwa MMORPG lebih diminati oleh provider games karena daya tariknya terhadap pemain yang tinggi sehingga sangat cepat mendatangkan penghasilan. Jika untuk anak-anak hal ini dapat berbahaya karena kemampuan untuk mengendalikan Adiksi (kecanduan) ini masih lemah. Efek perilaku lainnya yang juga sangat merugikan bagi anak-anak adalah suka berbohong, mencuri, motivasi belajar/prestasi akademik terganggu, juga dapat meyebabkan gangguan/penyakit fisik berupa gangguan mata (penglihatan) karena terpapar radiasi monitor dalam jangka waktu yang relatif lama, Insomnia (gangguan sulit tidur), ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) karena terpapar asap rokok dalam ruangan tertutup dalam jangka waktu yang relatif lama dan gangguan pendengaran bila menggunakan Headset dalam jangka waktu yang relatif lama.

ORANG TUA HARUS WASPADA
            Cara terbaik melindungi anak-anak dari adiksi game online adalah terlibat bersama dalam permainan, mendampingi, melaksanakan peraturan-peraturan yang dibuat sebelum bermain games, nasihat-nasihat yang diperlukan.
            Ada pula beberapa cara ampuh seperti:
  1. Mencari pengasuh yang dapat dipercaya:bila ke-2 orang tua bekerja di luar rumah pastikan pengasuh itu perduli dengan anak-anak Anda dan menerapkan peraturan atau disiplin yang Anda terapkan.
  2. Ajak anak-anak Anda mencari kegiatan lain misalnya belajar Fotografi di luar ruangan (outdoor), pesta kebun bersama anak-anak yang lain, memancing ikan di sungai atau kolam, jalan-jalan, olah raga, bermain permainan tradisional jaman dulu.

Selain masalah Adiksi, ada beberapa kecenderungan terjadinya tindakan kejahatan di lingkungan komunitas MMORPG yaitu:

Kata-kata Kasar (Words Abuse): Penggunaan kata-kata kasar dalam permainan meskipun sudah terprogram kata-kata yang harus dibatasi namun efeknya bisa berbeda di dunia nyata.

Binary of Transmission ( Biner Transmisi atau BOT): Disebut pula robot. Sebuah software kecil yang bertujuan untuk menjalankan karakter yang dapat menggantikan seseorang (player) dalam bermain. Beberapa BOT dimanfaatkan untuk menjual barang.

Cheat (curang) : yaitu semacam software ilegal yang membuat pemain mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri sehingga merugikan pemain lain. Caranya  adalah dengan menaikkan level karakter pemain dengan cepat, membuat equip karakter pemain menjadi status yang lebih tinggi, ataupun mencari mata uang game dengan cara berburu atau hunting secara mudah.

Penipuan Transaksi di dalam dan di luar permainan seperti: transaksi voucher, jual beli ID, menggunakan jejaring sosial atau situs-situs untuk menipu ID Anda, mencuri akun (hack account), menggunakan identitas palsu, dan lain-lain.

Kejahatan yang lebih serius dapat terjadi di luar lingkungan yang masih terkait dengan permainan seperti peer group (tim). Seorang pemain bisa saja mengalami pelecehan atau ancaman dari pemain lain sebagai dampak dari permainan. Yang kalah dalam permainan di alam maya bisa saja marah di alam nyata. Juga bisa terjadi pemerasan untuk memenuhi Adiksi.


( Bersambung ke GAME ONLINE YANG PALING DIGEMARI ANAK-ANAK DI INDONESIA )

No comments: